Mesuji, kemana moral bangsaku?

Belakangan ini Indonesia dilanda masalah pelanggaran hak asasi manusia yang berkepanjangan. Kasus mesuji, Bima, menjadi kasus yang menyita perhatian rakyat cukup serius. Mulai dari masalah Mesuji yang dianggap banyak akalangan sebagai kegagalan pemerintah SBY menuntaskan permasalahan HAM yang terjadi di negeri kita tercinta.

Mencengankan sekali karena kasus ini bukan merupakan kasus pertama yang dialami Indonesia. Seharusnya pemerintah kita bisa lebih sigap menangani kasus HAM yang tersebar di Indonesia, mengingat negara ini merupakan negara yang sangat rentan (sensitif) dengan masalah-masalah yang berbau SARA dan harkat hidup masyarakat.

Kedaulatan negeri ini sangat tergantung pada kemauan penguasa negara yang memiliki otoritas dan kewajiban untuk mengatur serta memelihara semua urusan rakyat dan tatanan masyarakat luas di hamparan negara yang berdaulat ini.

Hidup itu indah jika kita mau merasakan apa yang seharusnya dirasakan orang lain, jika kita mengerti apa yang sebenarnya terjadi dengan lingkungan sekitar kita, tempat dimana kita menikmati segala anugerah keindahan yang Tuhan berikan kepada kita semua. Tak ada yang berhak untuk diberlakukan secara sepihak dan diskriminasi oleh hukum maupun secara adat.

Yang salah lah yang seharusny di hukum, bukan yang tertuduh. Yang benar seharusnya mendapatkan dukungan dan acungan jempol, bukan yang berpura-pura menjaga keangkuhan kedigdayaan tahta yang ia pelihara. 

0 komentar: (+add yours?)

Post a Comment

rizalrazib. Powered by Blogger.